Senin, 13 Desember 2010

skpd

Paluta Bentuk 16 SKPD
Selasa, 08 Januari 08 - oleh : adminPaluta Bentuk 16 SKPD
PALUTA-METRO

Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Kabupaten Padang Lawas Utara Arsyad Lubis mengajukan pembentukan 16 Satuan KerJ'a Perangkat Daerah (SKPD) kepada
Menteri Dalam Negeri untuk disahkan. SKPD yang diajukan itu terdiri dari 10 dinas, 4 badan dan 2 kantor.
Pjs Bupati Paluta Arsyad Lubis, Senin (7/1) kepada wartawan mengatakan, pengusulan SKPD itu dilakukan demi mempersiapkan susunan organisasi tata pemerintahan (Suorta) di Paluta. Tujuannya adalah untuk mempercepatberjalannya roda pemerintahan.
"Ini adalah salah satu tugas utama Pjs Bupati. Dan apabila usulan ini sudah disahkan dan terbentuk, maka organisasi pemerintahan
sudah bisa berjalan layaknya kabupaten lain di Sumatera Utara," terang Arsyad.

Dijelaskan, SKPD yang sudah diajukan ke Menteri Dalam Negeri sudah merujuk pada PP Nomor 41/2007 tentang Suorta. Dimana hampir seluruh SKPD yang diusulkan sudah dirampingkan.
Misalnya, Dinas Pertanian sudah disatukan dengan Dinas Kehutanan. "Saya sudah tidak ingat betul nama-nama seluruh dinas itu. Tapi kalau 4 badan tersebut masing-masing Bapeda, Bawasda, BKD, dan Dispenda. Sedangkan 2 kantor yaitu Kantor Kesbang Linmas dan Kantor Satpol PP," ujamya.
Ditanya soai Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang akan mengisi seluruh SKPD dan sekretariat Kantor Buapti Paluta, Arsyad mengatakan, Bupati Tapanuli
Selatan Ongku P Hasibuan sudah mengusulkan sebanyak 95 PNS ke Gubemur Sumatera Utara. Soalnya, pengisian PNS juga masih termasuk bagian kewajiban dari kabupaten induk. "Meski yang mengajukannya adalah Bupati Kabupaten induk, namun yang mengeluarkan SK-nya adalah Pjs Bupati," ucapnya.

Ditanya soal persiapan Pemilihan Kepala Daerah di Paluta, Arsyad menjelaskan hingga saat ini beberapa persiapan sudah
dilakukan termasuk dengan telah terbentuknya Panitia Pengawas Pemilihan (Panwas Pemilu).
Dikatakan, selain persiapan dari aparat pemerintahan, partai politik juga sudali melakukan berbagai persiapannya menuju Pilkada Paluta. Sebagian besar partai politik sudah membentuk dan melakukan peresmian kepengurusannya di Paluta. Namun, sehebat dan sesiap apapun pemerintah dan organisasi non pemerintah dalam mensukseskan Pilakada, Kunci akhirnya tetap berpulang kepada kesiapan dan partispasi masyarakat.

"Untuk itu, saya sangat berharap agara seluruh masyarakat mau bekerja sama dengan pemerintah daerah, dalam mewujudkan apa cita-cita bersama menuju Kabupaten Paluta yang lebih sejahtera. Peran serta, keterlibatan dan partisipasi masyarakat adalah kunci utama keberhasilan semua program di daerah ini," tegasnya.(gut)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar